MENUJU ODF, Pemdes bantu jamban untuk warga miskin

Abu Kholil, ST 18 April 2018 09:32:37 WIB

Kesehatan lingkungan sangat berpengaruh terhadap kesehatan manusia, demikian pesan dari petugas kesehatan Puskesmas Suruh dalam arahannya kepada masyarakat di Desa Mlinjon. Pengarahan ini dilakukan karena masih banyaknya warga desa yang buang air besar sembarangan. Di beberapa wilayah masyarakat buang air besar tidak di WC tetapi dilakukan di sungai, tanah kosong atau di tegalan.

Efek dari buang air besar sembarangan ini secara umum sangat berbahaya karena dapat dengan mudah menyebarkan banyak jenis penyakit, selain juga mungkin menimbulkan bau yang kurang sedap bila dilakukan di lahan kosong.

Menyesuaikan program pemkab Trenggalek bahwa tahun 2018 ini seluruh wilayah kabupaten harus terbebas dari buang air besar di sembarang tempat atau lebih dikenal dengan ODF, Pemerintah Desa Mlinjon harus terlibat aktif untuk mensukseskan program tersebut.

Dari sekian warga yang belum memiliki WC, Pemerintah Desa Mlinjon melihat ada beberapa warga miskin yang secara ekonomi tidak memungkinkan untuk membangun WC sendiri. Berangkat dari hal tersebut tahun ini Pemdes Mlinjon memberikan bantuan stimulant kepada 5 orang warga miskin untuk membangun WC dirumahnya. Setelah mendapatkan bantuan ini diharapkan warga tersebut tidak lagi buang air besar di sungai atau di tegalan.

Untuk warga yang lebih mampu secara ekonomi pemdes mendorong untuk segera membuat WC di rumahnya masing – masing. Untuk itu pemdes terus mencoba melakukan pendekatan kepada masyarakat agar sadar tidak buang air besar sembarangan

Komentar atas MENUJU ODF, Pemdes bantu jamban untuk warga miskin

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi MLINJON

tampilkan dalam peta lebih besar