ODF, program jangan buang air besar sembarangan

Abu Kholil, ST 27 Maret 2018 12:14:02 WIB

Sebagai desa yang dibelah oleh aliran sungai, Desa Mlinjon ternyata memiliki problem terkait dengan kesehatan lingkungan, salah satunya akibat dari buang air besar disepanjang sungai. dari 152 Desa se Kabupaten Trenggalek, Desa Mlinjon masuk kedalam 38 Desa yang masih mempunyai problem tersebut. Banyak faktor yang mempengaruhinya, antara lain tradisi masyarakat yang merasa lebih nyaman BAB di sungai dari pada di WC. Sebenarnya masyarakat secara ekonomi mampu untuk membuat WC sederhana, tetapi masih saja banyak yang memilih BAB sembarangan.

Di beberapa tempat bahkan banyak yang BAB diladang atau disemak - semak. ini jelas sangat tidak sehat. bau yang menyengat dan bakteri yang menyebar kemana - mana saat hujan menjadikan lingkungan tidak sehat. Penyakit diare, disentri, tipus dan yang lain mudah sekali menyebar lewat kotoran tersebut.

Untuk menanggulangi hal tersebut 3 pilar di desa, yaitu Pemerintah Desa, Babinkamtimas dari Polsek dan Babinsa dari Koramil dikumpulkan di Hotel Hayam Wuruk Trenggalek untuk mendapatkan pengarahan terkait permasalahan tersebut. Dalam paparannya Kepala Dinas Kesehatan Trenggalek mengharapkan kegiatan tanggal 26 Maret 2018 tersebut mampu mensinergikan 3 pilar ini untuk bersama - sama menyadarkan masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan tidak buang air besar (BAB) sembarangan.

Komentar atas ODF, program jangan buang air besar sembarangan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Instagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi MLINJON

tampilkan dalam peta lebih besar