Saling Bersinergi, Pemuda Desa Dan Mahasiswa KKN Meriahkan HUT RI Ke 75 Di Puncak Slimer

tim KKN Unesa 02 06 September 2020 11:29:31 WIB

       Momen kemerdekaan merupakan momen sakral yang sangat dinantikan oleh seluruh masyarakat Indonesia, namun pada tahun ini kemeriahan HUT RI yang ke-75 tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini upacara bendera tetap dilaksanakan namun dengan mematuhi protokol kesehatan bahkan para peserta dihimbau untuk mengahadiri upacara secara virtual. Perayaan hari kemerdekaan tidak hanya dilakukan dengan mengikuti upacara bendera saja namun juga bisa diramaikan dengan kegiatan perlombaan, pemasangan atribut merah putih dan lain-lain.

       Ada hal unik dari perayaan kemerdekaan tahun ini, yaitu seperti yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Unesa Gelombang 4 dari Kabupaten Trenggalek. Mereka memilih untuk melakukan pengibaran bendera merah putih di Puncak Gunung Slimer sebagai bentuk perayaan kemerdekaan. Dengan maksud untuk menampilkan sesuatu yang berbeda dan berkesan untuk warga desa. Dalam perayaan kemerdekaan tersebut melibatkan beberapa pihak diantaranya Kepala Desa Mlinjon, BKTM, BABINSA, Karang Taruna Desa Mlinjon, Banser, Perangkat Desa dan persatuan perguruan silat yang ada di Desa Mlinjon.

      Kegiatan upacara tersebut dimulai dari pukul 7 pagi, seluruh peserta dikumpulkan dibalai Desa Mlinjon lalu berangkat menuju puncak Slimer secara bersama-sama. Upacara pengibaran bendera tersebut berlangsung dengan khidmat dan tertib. Sebelum melakukan upacara seluruh peserta diarahkan untuk memakai masker dan dicek suhu tubuhnya masing-masing.   

       Sekilas upacara tampak seperti pada umumnya, tetapi jika dilihat lebih dalam, ada beberapa hal yang bisa dibilang menarik. Dilihat dari peserta yang terlibat, terdapat lima perguruan silat Desa Mlinjon bersinergi untuk menjadi anggota peserta upacara, ditambah dengan organisasi desa lainnya yang juga turut meramaikan acara tersebut. Upacara diakhiri dengan pertunjukan-pertunjukan silat, dan sesi foto bersama. 

       Setelah upacara selesai seluruh peserta dihimbau untuk berkumpul di balai desa Mlinjon untuk menyaksikan upacara sekaligus mengikuti upacara secara virtual sesuai anjuran pemerintah. Semua peserta baris dengan menjaga jarak dan mengikuti upacara virtual dengan tertib dan antusias. Pihak desa berharap semoga perayaan HUT RI yang diselenggarakan di Desa Mlinjon tersebut dapat menambah semangat perjuangan para pemuda desa untuk membangun desa Mlinjon agar lebih baik kedepannya. 

Komentar atas Saling Bersinergi, Pemuda Desa Dan Mahasiswa KKN Meriahkan HUT RI Ke 75 Di Puncak Slimer

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi MLINJON

tampilkan dalam peta lebih besar