Gandeng Milk House Trenggalek Pasarkan Produk Olahan Milik Kelompok Asmantoga

tim KKN Unesa 02 06 September 2020 11:27:45 WIB

       Jamu Instan Kedungtatra merupakan salah satu produk unggulan milik kelompok Asmantoga desa Mlinjon. Kelompok Asmantoga adalah kelompok yang terdiri dari ibu-ibu PKK maupun perempuan yang tinggal di Desa Mlinjon. Kelompok Asmantoga memiliki peran penting untuk memajukan perekonomian perempuan yang ada di desa Mlinjon, saat ini banyak sekali usaha yang sudah dijalankan yaitu berupa catering, olahan kue kering, olahan puding dari daun kelor dan olahan laiinya yang bahan-bahannya berasal dari pekarangan rumah. 

       Namun saat ini kelompok Asmantoga sedang giat-giatnya mengembangkan olahan jamu instan. Sebelum melakukan proses produksi jamu para kelompok Asmantoga mengikuti pelatihan-pelatihan terlebih dahulu. Pelatihan tersebut dilakukan di balai desa Mlinjon yang diikuti oleh penggerak PPK Desa Mlinjon. Semenjak pandemi covid-19 penjualan jamu instan mengalami peningkatan, namun dengan adanya penigkatan tersebut tidak dibarengi dengan peningkatan bahan baku. Hal itu menyebabkan harga jamu melambung tinggi dan mengalami kelangkaan.

       Menanggapi permasalahan tersebut mahasiswa KKN Unesa Gelombang memberi beberapa saran, yaitu dengan melakukan sosialisasi kepada warga tentang pemanfaatan pekarangan rumah untuk ditanami tanaman toga.  Karena sebagian penduduk masih ada yang belum memanfaatkan pekarangan rumah mereka. Selain itu untuk memperluas pangsa pasar jamu, mahasiswa KKN Unesa mengajak kerjasama Milk House Trenggalek untuk memasarkan produk unggulan kelompok Asmantoga tersebut. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menitipkan produk di Milk House yaitu harus memiliki tanggal kadaluarsa, memiliki label dan mencantumkan logo Milk House dalam produk tersebut. 

        Setelah semua persyaratan terpenuhi, akhirnya produk-produk tersebut siap dipasarkan. Tidak hanya menitipkan produk tersebut di Milk House Trengggalek, akan tetapi para mahasiswa juga turut memasarkan produk tersebut di sosial media mengingat jumlah permintaan jamu di masa pandemi seperti ini mengalami peningkatan. Untuk menambah daya tarik pembeli, perlu dilakukan rebranding label dan logo. Dengan adanya perbaikan-perbaikan tersebut nantinya produk jamu tersebut dapat dikenal oleh masyarakat luas dan membantu perekonomian kelompok Asmantoga desa Mlinjon  

 

 

Komentar atas Gandeng Milk House Trenggalek Pasarkan Produk Olahan Milik Kelompok Asmantoga

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi MLINJON

tampilkan dalam peta lebih besar