Mlinjon Kedatangan Kiai Milinial; Abah Muntahibun Nafis

KKN Ku Asyik 13 Agustus 2019 06:47:39 WIB

Oleh: Badawi Widiyali

Sangat mengagetkan jika ada sidak secara mendadak. Tentu siapa saja, jika di monitoring secara tiba-tiba akan merasa kaget dan was-was. Pertama, takut tidak mampu memenuhi tugas yang diberikan. Kedua, belum siap jika ditanyakan mengenai proker yang disepakti. Seperti halnya sidak malam ini, ketika abah Nafis sebagai perwakilan LP2M datang tiba-tiba di posko Mlinjon 1.

Kedatangan beliau membuat semacam shock therapy bagi teman-teman Mlinjon 1. Posko yang terlihat landai, tenang dan santai, seketika berubah menjadi riuh seperti pasar, teman-teman berlari nebrat-nebrit guna menyambut kedatangan beliau, dari mempersiapkan kopi sampai roti. Hehehe Sebelumnya, dari pagi sudah ada kabar terkait kedatangan pihak LP2M ke posko-posko yang belum menerima kunjungan beberapa hari kemarin. Makanya, asumsi di lapangan sidak kali ini merupakan menembel sebagian posko yang belum dikunjungi sebelumnya. Khususnya di wilayah kecamatan Suruh.

Untuk itu, beliau berangkat pagi buta guna mengunjungi posko yang belum pernah di monitoring. Awalnya beliau datang ke posko yang yang berada di dataran tinggi suruh sampai terakhir di posko Mlinjon 1. Dengan hangat teman-teman Mlinjon 1 menyambut beliau dengan suka cita. Tentunya dengan mulut yang lebar dan gigi yang bersih, walaupun matanya sudah mulai kriyip-kriyip tidak melunturkan rindu kami ke pihak LP2M, terutama kepada abah Nafis.  Hehehe

Selayaknya seorang tamu agung, teman-teman Mlinjon 1 pun mencoba untuk melayani dengan baik dan berkesan. Segala makanan enak yang di simpan Mlinjon 1 pun di keluarkan, dari changhai sampai roti-roti. Tidak lupa segelas kopi untuk menghangatkan sela-sela jari yang kedinginan karena udara pegunungan. Sesekali kita juga menawarkan makanan yang baru di beli oleh teman-teman. Berupa martabak rasa coklat.

 Semestinya orang tua, untuk membuka obrolan beliau menanyakan kesehatan teman-teman Mlinjon 1. Tentunya, kami pun menjawab dengan kompak "Alhamdulillah sehat bah" Selanjutnya beliau tetap menanyakan terkait proker utama dan program-program yang telah di jalankan. Memonitoring sejauh mana proker berjalan, apakah sudah berjalan atau hanya sekedar awang-awang. Makanya beliau datang kesini untuk menanyakan itu semua. Jangan sampai kedatangan teman KKN hanya menjadi beban tambahan, tetapi menjadilah awal dari perubahan.

Tidak hanya menanyakan soal proker, beliau juga mempersilahkan teman-teman shering terkait kegiatan atau program yang belum paham. Dari situ banyak dari teman-teman devisi yang shering terkait program yang di jalani selama ini, bisa dalam memenejemen, aksi sampai dalam meneksekusi. Jadinya, dengan kedatangan beliau ke posko Mlinjon 1 bisa menjadi media untuk menyalurkan kegelisahan selama menjalani KKN di sini.

Kedatangan beliau juga dimanfaatkan teman-teman KKN desa Mlinjon 1 sebagai wadah reklame. Terutama untuk mempromosikan mengenai program, serta menawarkan keindahan yang dimiliki desa Mlinjon. Jadinya beliau akan lebih sering datang kesini, dan juga dapat mempromosikan desa Mlinjon ke teman-teman terdekatnya, mengenai keindahan alam dan home industri.

Maklum desa keripik ini merupakan wilayah yang memiliki jumlah penduduk yang lumayan banyak, sekitar hampir 8 ribu jiwa. Serta dibarengi dengan luasnya wilayah sekitar 1.077.000 hektar. Menjadikan desa ini memiliki banyak keistemewaan yang layak untuk dipromosikan. Harapannya, dengan kegelisahan yang kita sampaikan nantinya menjadi jalan awal untuk bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki desa ini.

Masukan, kritikan dan saran beliau menjadi role of model pemikiran kita kedepannya dalam mengembangkan potensi yang di desa Mlinjon. Serta memberdayakan masyarakat desa Mlinjon yang berkemajuan dengan tidak meninggalkan budaya lokal. Ya dengan konsep itu, semoga nantinya membuat desa Mlinjon menjadi lebih baik lagi.

Di sela-sela shering yang sangat cair, satu mangkuk bakso daging pun di hidangkan untuk beliau. Bakso sendiri merupakan buatan teman-teman KKN Mlinjon 1. Kemarin merupakan hari keberkahan bagi umat islam, alhasil membuat posko Mlinjon 1 kelebihan stock makanan untuk satu minggu kedepan. Jadinya, kelebihan berupa daging dimanfaatkan menjadi makanan yang enak seperti bakso dan soto daging. Tentunya hal ini mengindikasikan bahwa teman-teman KKN Mlinjon 1 memiliki kreatifitas dalam hal program dan makanan. Hehehe

Beliau pun terlihat menikmati bakso yang dibuat oleh teman-teman Mlinjon 1terlihat tidak ada sisa pentol bakso di mangkok. Hehehe, karena waktu sudah terlarut malam, beliau pun berpamitan untuk pulang. Dan tidak lupa untuk mengabadikan momen indah ini, kita pun foto bersama, agar nantinya bisa menjadi bukti bahwa kalau beliau pernah datang di Desa Mlinjon.

 

Desa Mlinjon

 

Dokumen Lampiran : Mlinjon Kedatangan Kiai Milinial; Abah Muntahibun Nafis


Komentar atas Mlinjon Kedatangan Kiai Milinial; Abah Muntahibun Nafis

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi MLINJON

tampilkan dalam peta lebih besar