Bangkitkan Rasa Saling Berbagi, Peduli dan Empati

KKN Ku Asyik 10 Agustus 2019 13:00:37 WIB

Oleh : Nu'thima Nafisah

Program Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan ( GERTAK) merupakan program yang ditujukan untuk mengatasi masalah-masalah kemiskinan di kabupaten Trenggalek sebagai upaya optimalisasi pelayanan publik di bidang kesejahteraan sosial.

Kedatangan GERTAK di desa Mlinjon pada tanggal 7 Agustus bukan tanpa tujuan, posko GERTAK  bersama Basnaz dan Dinas Sosial PPAA kabupaten Trenggalek di dampingi kepala desa Mlinjon bapak Dendik Kuncoro beserta kepala dusun dan ketua RT setempat  memberikan bantuan berupa sembako dan pakaian layak pakai. Hal ini dilakukan atas informasi dan mahasiswa KKN IAIN Tulungagung desa Mlinjon kecamatan suruh kabupaten trenggalek.

Tujuan pertama adalah rumah mbah Kati dan Mbah Sait yang beralamat di dusun Selorejo RT 43 desa Mlinjon. Pasangan lansia ini tidak memiliki anak. Bapak sait mengalami ganguan penglihatan sehingga tidak bekerja, sementara mbah Kati yang menjadi tulang punggung keluarga dengan membuat anyaman dari bambu sebagai mata pencarian untuk bertahan hidup.

Setelah dari rumah mbah Kati tujuan selanjutnya adalah rumah mbah Suminem. Beliau tinggal di dusun Miri RT 44 desa  Mlinjon.  Mbah Suminem tingal seorang diri di rumah yang sangat sederhana. Suami dan anak keduanya sudah meninggal, sedangkan anaknya pertama tinggal di kecamatan Munjungan. Anaknya pun jarang mengunjungi beliau di karenakan jarak yang cukup jauh dan keterbatasan biaya. Mbah Suminem sehari-hari bertahan hidup dengan jualan sapu lidi.

Harus di akui, program GERTAK sudah berjalan dan mampu menjadi salah satu solusi penuntasan masalah kemiskinan di wilayah Trenggalek. Dengan adanya program GERTAK ini mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melihat ke bawah mengetahui dan merasakan kondisi masyarakat yang hidup dibawah garis kemiskinan kemudian bersama-sama mencarikan solusi masalah sosial masyarakat khususnya kemiskinan.

Dokumen Lampiran : Bangkitkan Rasa Saling Berbagi, Peduli dan Empati


Komentar atas Bangkitkan Rasa Saling Berbagi, Peduli dan Empati

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi MLINJON

tampilkan dalam peta lebih besar