ARSIP, karena dia kita dianggap ada

Abu Kholil, ST 25 Maret 2019 09:05:05 WIB

ARSIP, hal penting yang biasa diremehkan banyak orang. Kita tahu bahwa nenek moyang kita benar – benar ada karena arsip. Mungkin kita suatu saat nanti tidak diakui pernah ada kalau kita tidak mengarsipkan keberadaan kita. Bisa dalam bentuk akte lahir, ijazah atau nantinya kata kematian kita.

Dalam beberapa hal bisa dilihat bahwa arsip masih dipandang sebelah mata, bahkan oleh pihak pemerintah. Banyak hal penting yang kadang terabaikan.

Desa sebagai lembaga public wajib juga menata arsipnya dengan baik. Segala hal yang masuk kategori arsip harus dirawat dan diamankan dengan sebaik-baiknya. Di era saat ini dengan semakin banyaknya anggaran yang dikelola oleh desa maka pelayanan dan kegiatan lain pasti akan semakin banyak menciptakan arsip.

Melihat hal tersebut Dinas Arsip Dan Perpustakaan Kabupaten Trenggalek menggelar sosialisasi pemasyarakatan tertib arsip bagi pemerintah desa dan kelurahan se Kabupaten Trenggalek.
Dalam kegiatan yang diselenggarakan hari Senin 25 Maret 2019 di Hall Hoten Jaas Trenggalek hadir 157 orang  Sekretaris Desa dan Kelurahan.

Dalam sambutannya Kepala Dinas memberikan motivasi agar desa segera berbenah dalam pengolahan arsipnya. Senada dengan hal tersebut Bapak bambang Irawan dari Dinas Kearsipan Propinsi Jawa Timur juga mendorong semangat desa untuk terus berbenah karena tuntutang dan konsekuensi dari pengelola dana pemerintah. Banyak pula disinggung kasus yang melibatkan pejabat negara bermula dari arsip yang tidak memadai.

Harapannya setelah mendapatkan sosialisasi ini desa akan semakin semangat mengelola arsipnya dengan baik sehingga bisa menyelamatkan semua.

Komentar atas ARSIP, karena dia kita dianggap ada

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi MLINJON

tampilkan dalam peta lebih besar